Senin, 28 Januari 2013

RTV2 SILICONE RUBER

RTV2    adalah Room Temperature Vulcanisation dua komponen maksudnya karet silicon yg dibuat dari dua komponen yaitu silicon ruber dan katalis yg setelah dicampurkan kemudian akan mengeras pada suhu kamar.
Lamanya proses pengerasan kurang lebih 5 sampai 7 jam tergantung kelembaban ruangan.

Biasanya kalau kita membeli silicon di toko kimia sudah satu set berikut katalis nya dan hampir semua merk pemakaian katalis nya rata rata 4%. Ada beberapa merk yg umum dijual di toko kimia diantaranya rodoshil,shinetsu,dow corning,wacker dan ex china, masing masing memiliki warna dan sifat mekanis yg berbeda dan tentunya juga harga yg berbeda.

Secara umum pemakaian karet silicon jenis ini adalah untuk membuat cetakan ,hanya sebagian kecil digunakan selain cetakan yaitu pada pembuatan pad printing barang kali.
Cetakan dari karet silicon memiliki sifat yg fleksibel sehingga bentuk bentuk yg rumit dapat diambil oleh sebab itu sangat banyak di gunakan pada pembuatan souvenir, patung, keramik cetakan sol sepatu dll.

Disamping memiliki sifat yg fleksibel , karet silicon dapat mengambil /mengcopi dengan baik motif motif permukaan yg rumit sehingga seperti bentuk aslinya.

u
                                         

Karet Silicon Tipe Kondensasi
Karet silicon yang ada di toko toko kimia pada umumnya adalah dari jenis ini. Pada akhir reaksi nya terjadi kondensasi alkohol sehingga permukaan silicon basah dan bau alkohol. Oleh sebab itu terjadi penyusutan sekitar 0,5% ,biasa nya mould nya didiamkan selama 24 jam agar alkohol yg terjadi menguap.

Karet silicon jenis ini juga tidak boleh dipanaskan untuk mempercepat curing time karna reaksinya akan reversible sehingga tidak akan kering. Oleh sebab itu pada saat membuat cetakan tidak boleh dijemur tetapi cukup didiamkan saja pada suhu kamar.

Karet Silicon Tipe adisi
Karet silicon tipe ini hampir tidak ada di toko kimia padahal silicon adisi memiliki penyusutan yg sangat kecil karena memang tidak ada hasil samping reaksinya. Disamping itu juga curing time dapat di percepat dengan melakukan pemanasan , diantara nya ada yg curing time nya 10 menit jika dipanaskan pada 150C. Biasa nya silikon adisi berwarna translucent ,mudah untuk di beri zat zat pewarna yg disukai. Banyak juga dipakai pada industri pembuatan lebel, gantungan kunci,prototipe dll.
 

Tidak ada komentar: